Tuesday, 11-02-2014
Persiapan Pileg Tunggu Rekomendasi KPU Pusat

201 Views

Jayapura (SULPA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura menyatakan, persiapan Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 tinggal menunggu hasil rekondasi KPU pusat.

Menurut Anggota Divisi Perencanaan Program, Keuangan dan Logistik KPU Kota Jayapura, Tjipto Wibowo, S. Pd, M. Si, pihaknya sudah melengkapi perlengkapan pemungutan suara di TPS (Tempat Pemilihan Sementara) seperti paku, karet, alat coblos dan alas untuk mencoblos.

“Itu kita sudah siap dan dana juga ada untuk dipersiapkan di TPS sudah ada. Ada logistik yang dicetak atau diadakan di KPU Propinsi itu tinggal menunggu dari Propinsi,” katanya di Kota Jayapura, Senin (10/2/2014).

KPU Kota Jayapura dikabarkan sudah mengajukan kotak dan bilik ke KPU Papua karena masih kurang dan akan disediakan sebanyak 1. 163 buah dan bilik berjumlah 1. 044 buah sesuai jumlah TPS.

Tiap 795 TPS, masing-masing TPS 4 kotak dan 4 bilik. Dengan demikian, di Kota Jayapura membutuhkan 3180 kotak maupun bilik.

“Jadi, untuk yang sudah ada itu ada 1.261 kemudian yang diusulkan untuk KPU propinsi katanya sudah ada di gudangnya. Tinggal didrop di KPU. Kami di sini 1.163 kemudian yang hilang kemarin itu 1700 buah, dan kita sudah usulkan karena kita masih ada stoknya sekitar 1.261 sehingga kita usul kembali ke KPU pusat ada sebesar 756 buah kotak surat suara,” katanya.

Ia mengatakan, KPU pusat dalam dua minggu ke depan akan mengganti kotak dan bilik yang hilang. Dan kotak yang hilang sebanyak 1.010 buah. KPU membutuhkan 3.180 buah.

Kemudian dari pihaknya juga minta peng-adaan melalui KPU Propinsi ada 1.044 sisanya sementara lagi minta di KPU pusat yang sisanya masih ada di KPU kota, yang jelas begitu semua logistic sudah ada kita mulai setting masukkan kotak suara, dan kemudian pada H min 1 sudah mulai distribusi ke TPS-TPS.

“Jadi melalui PPD, PPS nanti H min 1 itu distribusinya ke KPPS, tinta dan kotak suara dari KPU pusat sementara lagi di cetak di KPU pusat, kami sementara ini lagi menunggu, surat suara dan segel kami masih menunggu dari KPU pusat sementara tinta sudah kami terima dan kami sudah simpan di KPU kota setelah kami hitung jumlah-nya pas,” tuturnya.

Ditambahkannya, mengenai surat suara yang di cantumkan hanya ada lambang Parpol (Partai Politik), nama, nomor urut, nomor urut caleg, dan nama caleg. Ini berbeda dengan pemilu kali lalu. Dan pemilu 2014 menggunakan sistem coblos bukan lagi contreng.

(C/RAM/R3/LO1)

Go Top