9 Jenis Makanan yang Buruk Dikonsumsi Saat Anda Menderita Asma

9 Jenis Makanan yang Buruk Dikonsumsi Saat Anda Menderita Asma – Asma merupakan sebuah kondisi yang terjadi dimana paru-paru anda menjadi meradang dan telah menjangkiti lebih dari seratus juta orang di seluruh dunia. Penyakit ini juga termasuk ke dalam gangguan kekebalan tubuh yang dipicu oleh alergi, dan telah menjadi salah satu kondisi paling umum terjadi di era modern sekarang ini.

Selain itu, sebagian besar orang-orang yang menderita asma memiliki daftar riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit sesak nafas yang satu ini – seperti alergi binatang peliharaan – dan terkadang disebabkan oleh demam.

Penyebab pasti dari kondisi asma ini masih belumlah diketahui – dan masih menjalani penelitian panjang oleh para ahli kesehatan. Tetapi, daftar riwayat keluarga bersama dengan keadaan lingkungan sekitar anda memainkan peran penting dalam memicu terjadinya penyakit sesak nafas tersebut.

Mereka yang merasa sensitif terhadap berbagai macam jenis penyebab alergi seperti tungau debu, hewan peliharaan, serbuk sari, dan jamur cenderung dapat membuat penyakit asma mereka kambuh. Selain itu, beberapa aktivitas dan faktor lainnya seperti berolahraga, stres, merokok, dan mengkonsumsi makanan tertentu dapat pula menjadi penyebab utama anda terkena asma.

Adapun beberapa gejala asma yang mungkin tengah anda alami saat ini diantaranya adalah:

  • Sesak nafas
  • Batuk-batuk
  • Mengi
  • Perasaan sesak di dada
  • Kesulitan dalam berbicara

Jika anda tengah menderita gejala-gejala tersebut, maka ada baiknya anda memulai menjaga asupan makanan anda setiap harinya. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari American Journal of Respiratory & Critical Care Medicine mengatakan bahwa asupan makanan sembarangan tertentu dapat meningkatkan resiko seseorang terkena atau mengembangkan asma menjadi lebih parah lagi.

Maka dari itulah, segera ubah pola makan anda hari ini juga dengan cara menghindari makanan tertentu – terutama jika saat ini anda tengah menjalani pengobatan. Adapun beberapa pantrangan makanan yang sangat buruk untuk asma anda telah kami paparkan di bawah ini.

Baca Juga : Jenis dan Gejala Stroke Panas, Serta Hal yang Harus Dilakukan Ketika Menyerang

Kacang Tanah

“Ini kacangku!”, Pernah mendengar slogan tersebut? Hati-hati bagi anda yang tengah menderita asma karena kudapan lezat tersebut termasuk ke dalam jenis makanan yang bisa memicu terjadinya penyakit sesak nafas anda. Bahkan, kacang tanah bisa memancing reaksi alergi fatal mematikan bagi beberapa penderita asma.

Sifat membahayakan dalam kacang tanah juga bisa jauh lebih berbahaya. Faktanya, menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang memiliki asma dan merasa alergi terhadap kacang tanah, maka beresiko mengembangkan penyakit asma mereka menjad lebih parah di kemudian hari seiring dengan tumbuh kembang mereka.

Buah Kering

Kebanyakan jenis buah kering mengandung sulfit, yaitu sejenis pengawet makanan yang digunakan untuk memperpanjang usia dari buah itu sendiri. Pengawet makanan ini pun termasuk ke dalam zat aditif berbahaya bagi para penderita asma. Selain itu, jika anda membeli buah kering kemasan, anda kemungkinan besar akan menemukan tulisan “kalium bisulfat” atau “natrium sulfit” dalam komposisi makanan tersebut yang mana juga bisa menjadi pemicu serangan asma terjadi.

Wine atau Bir

Selain bisa memabukkan dan tabu untuk dikonsumsi di Indonesia, kebanyakan minuman beralkohol seperti wine atau bir juga mengandung sulfit berbahaya. Kemungkinan besar anda akan mengalami mengi atau kesulitan bernafas sesaat setelah mengkonsumsi minuman alkohol yang satu ini. Bahkan penelitian juga telah menunjukkan bahwa senyawa histamin dalam bir dan wine juga dapat menyebabkan anda terkena gejala seperti bersin, mengi, hingga mata berair.

Udang

Seafood lezat yang satu ini memang sudah terkenal dapat menyebabkan alergi terhadap beberapa orang, tetapi bagi anda penderita asma, ada baiknya untuk menjauhkan diri dari udang – baik anda merasa alergi ataupun tidak. Alasannya sama seperti beberapa makanan di atas, yaitu kandungan sulfit yang dimilikinya. Biasanya, sulfit tersebut akan dimasukkan ke dalam beberapa makanan laut lainnya untuk mengurangi atau menghilangkan efek bintik-bintik hitam dalam makanan tersebut.

Acar

Acar memang bisa menjadi teman makan anda untuk memberikan cita rasa lebih terhadap kudapan yang tengah anda nikmati, tetapi sayangnya termasuk ke dalam pantrangan makanan bagi para penderita asma manapun. Alasannya sama, yaitu mengandung sultif seperti pengawet yang terdapat dalam buah kering. Tentu saja, kandungan ini telah terbukti dapat memicu serangan asma terjadi.

Jamur dan Keju

Bagi anda yang merasa alergi terhadap jamur, maka anda pun harus menghindari beberapa makanan seperti sayuran jamur (sekalipun jamur yang bisa dimakan dan menyehatkan), keju, dan makanan olahan seperti hotdogs karena kandungan jamur berbahaya di dalam kudapan tersebut kemungkinan besar dapat memicu serangan asma terjadi.

Selain itu, mengkonsumsi makanan fermentasi (seperti keju dan cuka) haruslah diatur seketat mungkin dan lebih berhati-hati. Pastikan juga untuk selalu melihat label makanan tersebut, dan hindari jenis yang mengandung terlalu banyak pengawet makanan pemicu gejala asma anda.

Makanan Cepat Saji

Sekalipun makanan cepat saji sangatlah populer di era modern saat ini – dan memiliki rasa yang enak sehingga membuat anda ketagihan – tetapi jenis makanan ini termasuk yang terburuk bagi penyakit asma anda.

Teori tersebut diperkuat oleh sebuah penelitian internasional yang meneliti keterkaitan antara resiko asma dengan mengkonsumsi makanan cepat saji. Penelitian tersebut kemudian memperlihatkan bahwa mereka yang senantiasa mengkonsumsi makanan cepat saji sebanyak 3 porsi atau lebih setiap harinya, cenderung beresiko terkena asma berat sebanyak 27% bagi anak-anak, dan 39% untuk para remaja.

Tentu saja, alasan dibalik serangan tersebut lagi-lagi disebabkan oleh kandungan berbahaya di dalamnya. Sebut saja lemak trans dan lemak jenuh yang mana dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anda secara drastis.

Kentang Kemasan dan Kentang Kemasan

Kentang itu sangatlah menyehatkan, tidak ada keraguan di dalamnya. Tetapi anda perlu memperhatikan setiap label makanan jika memutuskan untuk membeli kentang kemasan dari supermarket atau tempat lainnya. Kemungkinan kentang kemasan tersebut telah dicampurkan dengan bahan pengawet seperti natrium bisulfat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa jenis pengawet yang satu ini haruslah anda hindari demi mencegah terjadinya serangan asma.

Sama halnya seperti makanan cepat saji, terdapat pula kentang olahan yang bisa merusak kesehatan anda secara keseluruhan. Sebut saja kentang goreng, french-fries, atau keripik kentang yang juga mengandung lemak trans dan lemak jenuh pelemah sistem kekebalan tubuh anda.

Semua Jenis Makanan yang Pernah Membuat Anda Alergi

Setiap orang pasti pernah menderita alergi terhadap makanan tertentu, dan setiap individu cenderung memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Nah, tidak ada cara yang lebih baik untuk mencegah gejala dan serangan asma tersebut muncul selain menghindari makanan-makanan tersebut.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa asma bisa disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap alergi itu sendiri, jadi jika anda terus-menerus mengkonsumsi makanan penyebab alergi maka kemungkinan berkembangnya asma anda akan semakin tinggi dan menjadi semakin parah.

Adapun beberapa jenis makanan yang paling umum memicu terjadinya alergi seperti gandum, kacang-kacangan, ikan, telur, kerang, udang, dan susu sapi.