12 Makanan Terbaik Untuk Mendukung Kesehatan Kulit Anda

12 Makanan Terbaik Untuk Mendukung Kesehatan Kulit Anda – Mungkin anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi berbagai macam makanan bergizi dan menyehatkan – seperti sayuran hijau, coklat hitam, dan buah citrus – dapat membantu menghilangkan kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Tetapi tahukah anda bahwa makanan-makanan tersebut juga dapat bekerja dengan sangat baik terhadap kesehatan kulit anda?

Terdapat banyak sekali penelitian yang terus berkembang dalam mempelajari efek makanan terhadap kesehatan tubuh anda secara keseluruhan, termasuk ke dalam kulit anda. Bahkan menurut seorang dokter kulit dari Los Angeles bernama Jessica Wu, MD, yang juga merupakan penulis buku “Feed Your Face” menjelaskan bahwa apapun yang anda makan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon, dan jika makanan tersebut tidak bergizi atau kurang menyehatkan, maka kemungkinan besar akan menyebabkan munculnya jerawat, serta menciptakan peradangan di tubuh sehingga dikaitkan dengan penuaan kulit dini.

Maka dari itulah, Dr. Wu selalu menyarankan siapapun untuk selalu mampu mencari sumber nutrisi terbaik dari makanan sehingga dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan kulit anda. Tetapi anda pun tidak usah bingung, karena daftar makanan terbaik untuk kulit sudah kami susun secara terperinci di bawah ini.

Baca Juga : 9 Jenis Makanan yang Buruk Dikonsumsi Saat Anda Menderita Asma

12 Makanan Terbaik Untuk Mendukung Kesehatan Kulit Anda

Minyak Zaitun

Ketika para peneliti dari PLOS ONE di tahun 2012 menganalisa sebanyak 1.264 wanita yang mendapatkan asupan minyak zaitun dalam jumlah sedang setiap harinya (sekitar 8,4 gram atau 2 sendok teh), mereka menemukan bahwa terdapat lebih sedikit tanda-tanda penuaan hingga mencapai 31% dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi 1 sendok teh minyak zaitun saja.

Hal ini karena sekitar 75% lemak yang terdapat dalam minyak zaitun merupakan jenis asam lemak tak jenuh ganda, yang mana memainkan peran penting dalam meningkatkan efek keremajaan kulit. Ditambah lagi dengan antioksidan polifenol yang dimilikinya, dimana berfungsi dalam menghancurkan radikal bebas secara langsung di dalam tubuh anda.

Itu artinya, semakin banyak anda mengkonsumsi minyak zaitun, maka akan semakin membantu tubuh anda dalam melawan penuaan dini. Tetapi tetap selalu perhatikan porsinya, karena asupan yang terlalu banyak pun tidak baik untuk kesehatan anda.

Tomat

Menurut sebuah penelitian dari negara Inggris di tahun 2008 juga menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi sekitar 5 sendok teh pasta tomat, bersama dengan satu sendok teh minyak zaitun selama 12 minggu berturut-turut cenderung memiliki perlindungan dari sengatan matahari hingga 33%. Sejenis antioksidan bernama Lycopene dapat meningkatkan SPF alami dari kulit. Itulah kenapa buah ini termasuk ke dalam jenis makanan terbaik untuk kulit anda.

Coklat Hitam

Sama halnya seperti tomat dan minyak zaitun, coklat hitam pun tak ketinggalan dalam memberikan efek antioksidan ke dalam tubuh anda. Jenis yang bisa anda temukan dalam coklat hitam adalah flavanol, yang mana dapat menghidrasi kulit serta meningkatkan sirkulasi menjadi lebih baik. Tetapi seorang penulis buku “The Beauty Diet” bernama Lisa Drayer, MA, RD, menyarankan anda untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak. Hal ini karena coklat mengandung banyak kalori. Cukup konsumsi coklat hitam sebanyak 1 ons setiap hari, maka sudah bisa memberikan efek menakjubkan untuk kulit anda.

Ikan Makarel

Makarel merupakan salah satu sumber terbaik dari vitamin B12, yang mana terdapat sekitar 16 mcg, atau 270% dari kebutuhan harian anda. Ikan makarel menjadi makanan yang sangat penting untuk didapatkan, karena banyak orang cenderung kekurangan jenis vitamin B yang satu ini. Adapun kondisi kesehatan yang telah dikaitkan dengan kekurangan vitamin B12 adalah Vitiligo dan Hiperprolasi. Jadi, pastikan anda mendapatkan asupan vitamin B12 setiap harinya, baik dari ikan makarel maupun sayuran.

Wortel

Siapa yang tidak menyukai warna dari sayur wortel yang merah merona? Selain rasanya yang lezat dan telah terkenal dengan manfaatnya terhadap kesehatan mata seseorang, wortel pun ternyata mampu memberikan anda cahaya alami di kulit.

Teori ini tentu telah didukung oleh sebuah penelitian dari Inggris di tahun 2011 yang menemukan bahwa orang-orang yang senantiasa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung karotenoid – seperti wortel dan jenis sayuran atau buah-buahan kuning lainnya – cenderung memiliki kulit yang terlihat lebih sehat dengan warna kulit yang lebih alami.

Biji Bunga Matahari

Dengan kandungan vitamin E sebanyak 37% dari kebutuhan harian anda per ons-nya, biji-bijian jenis ini dapat membant menjaga kulit anda terbebas dari jerawat. Menurut sebuah penelitian dari Experimental Dermatology yang melibatkan sekitar 100 orang penderita jerawat sendiri telah menemukan bahwa mereka yang menderita jerawat cenderung memiliki kadar vitamin E 30% lebih rendah daripada mereka yang memiliki kulit normal. Vitamin E sendiri diduga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga membantu tubuh dalam melawan berbagai macam peradangan penyebab munculnya jerawat di wajah.

Teh Hijau

Sedangkan menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition di tahun 2011 menuliskan bahwa orang-orang yang senantiasa mengkonsumsi teh hijau yang menjadi sumber polifenol setiap harinya selama 12 minggu cenderung memiliki kulit yang lebih elastis dan halus.

Sejenis antioksidan bernama katekin seperti EGCG ternyata bertanggung jawab terhadap manfaat kulit tersebut, yaitu dengan cara meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit seseorang.

Kacang Kenari

Kenari merupakan satu-satunya jenis kacang yang mengandung kadar asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, sehingga bisa menjadi makanan alternatif bagi para vegetarian yang tidak mengkonsumsi ikan. Kacang kenari sendiri dikemas dengan asam lemak omega-3 berjenis asam alfa-linolenat. Jika anda kekurangan asupan asam lemak yang satu ini, maka beresiko terkena eksim – kondisi kulit yang ditandai dengan kekeringan kulit dan bersisik, diiringi dengan rasa gatal yang menyebalkan.

Daging Sapi Pemakan Rumput

Tidak hanya mengandung kadar rasio asam lemak omega-3 dan omega-6 yang lebih tinggi (yang berfungsi dalam mengurangi peradangan), daging sapi pemakan rumput pun dikemas dengan hampir 30 gram protein di setiap 100 gram-nya. Protein sendiri merupakan blok bangunan jaringan kolagen dan elastin, artinya ia dapat menjaga kulit tetap kencang dan mencegah keriput.

Labu

Buah labu yang telah dimasak merupakan salah satu sumber terbaik dari beta-karoten. Tubuh anda akan mengkonversi beta-karoten tersebut ke dalam vitamin A yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sel-sel di kulit. Untuk alasan inilah, kulit anda akan tetap dibantu agar tetap halus, lembut, dan terbebas dari kerutan.

Telur

Sama halnya seperti daging sapi, telur pun dikemas dengan protein menakjubkan tanpa harus memberikan tubuh anda lemak berlebih. Tentu saja ini baik untuk anda, karena asupan lemak yang tinggi telah dikaitkan secara erat dengan penuaan kulit dini. Bahkan menurut penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa peningkatan asupan lemak sebanyak 17 gram dari makanan saja sudah bisa menempatkan resiko anda mengembangkan kerutan di kulit hingga sebanyak 28%.

Kiwi

BUah kecil lezat ini merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, yaitu sekitar 120% dari kebutuhan harian anda. Vitamin C sendiri dapat merangsang sintesis kolagen, sehingga bisa menjaga kulit tetap terhindar dari garis-garis halus dan kerutan.