6 Makanan Penting Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

6 Makanan Penting Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil – Tetap menjaga asupan makanan sehat sangatlah penting saat memasuki masa kehamilan. Bahkan selama masa tersebut, tubuh anda akan membutuhkan lebih banyak nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Faktanya, anda akan memerlukan esktra tambahan kalori antara 350 hingga 500 setiap harinya setelah masa kehamilan anda memasuki trimester kedua dan ketiga.

Tentu saja, jika pola makan anda tidak dijaga – dan hanya mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kurang bernutrisi – maka akan mempengaruhi bayi yang terdapat dalam janin anda secara langsung, sehingga anda akan beresiko mengalami kenaikan berat badan, terkena diabetes gestasional, hingga komplikasi pasca kelahiran baik untuk anda maupun bayi anda nantinya.

Maka dari itulah, selalu pastikan untuk menjaga pola makan sehat dari waktu ke waktu. Dan jika anda saat ini kesulitan dalam memilih makanan sehat tersebut, berikut telah kami paparkan untuk anda beberapa jenis makanan terbaik yang harus anda dapatkan selama masa kehamilan. Tidak perlu khawatir, karena makanan-makanan yang telah kami susun ini cenderung memiliki rasa yang lezat serta mudah untuk didapatkan di sekitar anda.

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel, Madu, dan Bawang Putih

6 Makanan Penting Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Produk Susu

Selama masa kehamilan, maka anda akan membutuhkan lebih banyak protein dan kalsium demi memenuhi kebutuhan janin anda yang tengah tumbuh. Kedua jenis nutrisi tersebut tentu bisa anda temukan dalam produk susu yang sangat lezat. Jenis makanan ini sendiri mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi, yaitu kasein dan whey.

Selain itu, produk susu pun tak ketinggalan dalam menyediakan nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc. Sebut saja yogurt Yunani yang telah dikenal sebagai makanan dan kudapan terbaik untuk ibu hamil. Jenis makanan ini mengandung lebih banyak kalsium jika dibandingkan dengan produk susu manapun. Terlebih yogurt memang terbukti mengandung bakteri probiotik yang juga bermanfaat dalam mendukung kesehatan pencernaan anda.

Tetapi jika anda merasa intoleran terhadap laktosa, tentunya anda harus menghindari produk susu manapun, termasuk yogurt yunani yang menyehatkan.

Ubi Jalar

Ubi manis atau ubi jalar merupakan sumber dari beta-karoten, yaitu sejenis senyawa tumbuhan yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh anda. Vitamin A sendiri sangat diperlukan untuk pertumbuhan, serta untuk diferensiasi dari sebagian besar sel dan jaringan. Dan tanpa diragukan lagi, juga sangat penting untuk perkembangan janin anda.

Ibu hamil sebenarnya selalu disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A sebanyak 10 hingga 40 persen. Tetapi pastikan anda untuk menghindari jenis vitamin A dari sumber hewani karena beresiko menyebabkan toksisitas jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Oleh karena itulah, beta-karoten menjadi salah satu jenis nutrisi paling direkomendasikan ketika anda tengah memasuki masa kehamilan.

Tidak berhenti sampai di sana, ubi manis pun mengandung serat alami yang dapat meningkatkan perasaan kenyang, mencegah lonjakan gula darah, serta meningkatkan kesehatan pencernaan serta mobilitas anda.

Salmon

Salmon dan jenis ikan berlemak lainnya sangatlah kaya akan asam lemak omega-3. Sementara itu, kebanyakan ibu hamil cenderung tidak bisa mendapatkan asupan asam lemak omega-3 dari pola makanan mereka, sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon secara teratur.

Asam lemak omega-3 sendiri sangatlah penting ketika anda memasuki masa kehamilan, terutama jenis rantai panjang seperti EPA dan DHA. Nah, kedua jenis asam lemak ini bisa anda temukan dalam makanan laut dan berguna untuk pembangunan otak dan mata dari janin anda.

Tetapi sekali lagi para peneliti menyarankan anda untuk mengkonsumsinya secara teratur. Artinya, pastikan untuk membatasi asupan ikan berlemak sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk membatasi kandungan merkuri yang dimilikinya.

Selain itu, salmon juga merupakan sumber alami dari vitamin D. Jenis vitamin yang bisa anda dapatkan dari sinar matahari ini pun sangatlah penting untuk tubuh agar bisa menjalankan prosesnya dengan baik, termasuk kesehatan tulang dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Telur

Kita semua sudah tahu bahwa telur termasuk ke dalam jenis makanan tersehat dari yang tersehat, bahkan para ahli gizi dunia pun telah memasukkan telur ke dalam daftar deretan makanan super atau ‘superfoods’. Hal ini karena satu butir dari telur saja sudah mengandung sekitar 77 kalori, bersama dengan protein dan lemak berkualitas tinggi.

Tidak lupa juga mengenai kandungan kolin di dalamnya, yang mana diperlukan untuk perkembangan otak dan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Faktanya, jika anda mengalami kekurangan asupan kolin selama masa kehamilan, maka dapat menempatkan anda pada resiko cacat tabung saraf dan penurunan fungsi otak secara fatal.

Untungnya, satu butir telur ayam saja sudah mengandung sekitar 113 mg kolin, yang mana sudah mencakup sekitar 25% kebutuhan harian anda.

Baca Juga : 6 Manfaat dan Alasan Kenapa Anda Harus Makan Telur Setiap Hari

Brokoli dan Sayuran Hijau Lainnya

Beberapa jenis sayuran hijau seperti brokoli dan bayam sudah pasti mengandung sejumlah nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Beberapa diantara yang paling umum diketahui banyak orang adalah serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.

Selanjutnya, brokoli dan sayuran hijau juga dikemas dengan antioksidan dan senyawa tumbuhan lainnya yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh serta pencernaan anda. Dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi tersebutlah, sayuran ini juga dapat mencegah anda terkena konstipasi yang umu terjadi pada ibu hamil.

Mengkonsumsi sayuran hijau pun bahkan bisa mencegah anda terkena kenaikan berat badan berlebih setelah pasca melahirkan nantinya.

Daging Tanpa Lemak

Seperti yang kita tahu bahwa daging mengandung banyak lemak jenuh sehingga sangat berbahaya terhadap jantung anda jika dikonsumsi tanpa aturan. Tetapi tahukah anda bahwa terdapat daging dengan jenis rendah lemak, atau bahkan tanpa lemak sama sekali yang dijual di pasaran?

Mengkonsumsi daging masih sangat diperlukan oleh tubuh anda, karena beberapa jenis seperti daging sapi dan daging ayam merupakan sumber protein berkualitast tinggi. Anda pun bisa menemukan zat besi, kolin, dan berbagai macam jenis vitamin B di dalamnya, yang mana semua nutrisi tersebut sangatlah diperlukan ketika anda tengah berada pada masa kehamilan.

Terutama zat besi, yaitu sejenis mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin, dimana bertugas dalam mengirimkan oksigen ke semua sel di dalam tubuh anda. Di saat yang bersamaan, ibu hamil sangatlah membutuhkan asupan zat besi tinggi karena volume darah mereka cenderung akan mengalami peningkatan.

Kekurangan asupan zat besi saat masa kehamilan sangatlah fatal, karena bisa mengarah ke anemia defisiensi besi dimana bisa memberikan resiko ganda mengalami kelahiran prematur dan berat lahir yang rendah.

Tetapi perlu diperhatikan juga untuk mengimbangi asupan daging tersebut dengan kadar vitamin C yang memadai, karena jenis vitamin ini akan membantu tubuh anda menyerap zat besi dari makanan tersebut dengan lebih cepat dan lebih efektif.