9 Makanan Terbaik yang Bisa Dikonsumsi Ketika Pilek Menyerang

9 Makanan Terbaik yang Bisa Dikonsumsi Ketika Pilek Menyerang – Tidak ada bosan-bosannya para ahli dan pakar kesehatan mengingatkan kita untuk selalu mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang dapat menjauhkan tubuh dari penyakit. Hal ini karena diantara beberapa makanan super tersebut, terdapat kandungan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda secara signifikan, sehingga tak jarang orang dapat mengobati pilek atau flu bahkan tanpa mengkonsumsi obat-obatan sama sekali.

Menurut juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics bernama Karen Ansel, RD, sendiri mengatakan bahwa kita tidak boleh menyepelekan segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh, terutama jika berbicara mengenai sistem kekebalan tubuh. Beberapa kandungan dalam makanan seperti vitamin, mineral, serta antioksidan benar-benar dapat menjaga tubuh anda agar tetap kuat sepanjang waktu.

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan yang bergizi terbukti dapat mencegah atau bahkan mengobati berbagai gejala terkait pilek dan flu sekalipun tanpa obat-obatan. Jadi, ketika anda tengah menderita penyakit musiman tersebut – sebelum buru-buru mengkonsumsi berbagai macam jenis obat warung yang biasanya dikemas dengan bahan kimia dan beresiko terkena kemungkinan efek samping – ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu beberapa makanan terbaik untuk mengobati pilek yang telah kami susun di bawah ini.

Tetapi jika pilek tersebut tidak kunjung sembuh atau malah menjadi lebih parah, maka pada saat itulah anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga : 10 Makanan Terburuk yang Harus Dihindari Ketika Menderita Penyakit Pilek

Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel sangatlah kaya akan kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya, yang mana senyawa tersebut dapat membantu anda mengurangi peradangan berbahaya dalam tubuh. Meskipun peradangan sendiri merupakan bagian dari proses penyembuhan luka, tetapi radang yang tak terkontrol malah bisa memperlambat proses penyembuhan tersebut karena cenderung mencegah sistem kekebalan tubuh untuk bekerja secara efisien – bahkan di beberapa kasus peradangan ini dapat berkontribusi terhadap kondisi masalah yang lebih serius jika dibiarkan begitu saja.

Dalam sebuah penelitian terkontrol yang dipublikasikan di Brain, Behavior and Immunity di tahun 2011 lalu menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan selama 3 bulan berturut-turut mampu mengurangi kadar peradangan sekaligus mengurangi gejala gangguan kecemasan, yang mana kedua kondisi tersebut cenderung dapat melemahkan fungsi imunitas anda.

Tiram

Sejenis mineral esensial yang disebut sebagai zinc memiliki rekam jejak yang sangat kuat dalam melawan pilek. Teori ini diperkuat oleh sebuah ulasan penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis Kanada di tahun 2012, yang mana menyimpulkan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen zinc mampu mengurangi durasi dari gejala pilek terhadap orang dewasa.

Sayangnya, suplemen zinc memiliki resiko dan efek samping kurang menyenangkan seperti muntah-muntah dan demam. Maka dari itulah, mendapatkan asupan zinc dari makanan lebih disarankan untuk anda.

Tiram sendiri menyediakan nutrisi jenis ini dibandingkan dengan makanan lain. Tetapi pastikan untuk memasaknya terlebih dahulu. Tiram mentah beresiko mengandung bakteri berbahaya yang malah dapat membuat sakit anda tambah parah.

Bawang Putih

Tidak hanya berguna sebagai bahan makanan saja, bawang putih pun siap memberikan anda sejenis kandungan unik bernama allicin, yaitu senyawa sulfat yang menghasilkan antioksidan kuat ketika terurai.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Advances in Therapy menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen bawang putih selama 12 minggu antara bulan November sampai bulan Februari lebih sedikit terkena pilek dibandingkan dengan mereka yang tidak. Bahkan jika bawang putih tersebut dikonsumsi ketika anda tengah sakit pilek, maka akan membantu tubuh anda untuk menyembuhkan dirinya sendiri lebih cepat.

Antioksidannya sendiri lebih banyak terkandung dalam bawang putih mentah. Jadi, jika anda kuat mengkonsumsinya secara langsung, maka penyakit pilek yang tengah anda derita tersebut akan lebih cepat disembuhkan.

Baca Juga : 9 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan yang Membandel

Biji Bunga Matahari

Camilan renyah ini merupakan sumber yang sangat baik akan vitamin E, yaitu sejenis antioksidan yang menjaga dinding sel-sel anda dari kerusakan. Faktanya, satu ons dari biji bunga matahari saja sudah menyediakan sekitar 30% kebutuhan vitamin E harian anda.

Lantas, apa hubungannya dengan pilek anda? Pertama, tentu saja karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. Kedua, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di negara Skotlandia di tahun 2003 sendiri menemukan bahwa mereka yang mendapatkan asupan vitamin C dan vitamin E dengan kadar yang tinggi cenderung memiliki kapasitas paru-paru yang lebih besar dan memproduksi dahak lebih sedikit.

Wortel dan Ubi Manis

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran berwarna kuning – seperti wortel dan ubi manis – sangatlah kaya akan kandungan beta-karoten. Ketika anda mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, maka tubuh anda akan memulai mengkonversi senyawa organik tersebut ke dalam vitamin A, yang mana sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat.

Sementara itu, vitamin A sendiri sangatlah dibutuhkan di beberapa area tubuh yang telah rusak akibat penyakit pilek. Ia akan membuat selaput lendir yang melapisi hidung dan tenggorokan anda – salah satu garis pertahanan tubuh dalam melawan pilek – tetap sehat dan berfungsi dengan sangat baik.

Coklat Hitam

Berbeda dengan jenis coklat putih atau coklat batangan yang dicampurkan dengan susu, coklat hitam yang memiliki kandungan kakao sebanyak 70% atau lebih di dalamnya ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh anda. Hal ini karena kakao murni mengandung sejenis antioksidan pelawan penyakit yang disebut sebagai polifenol – bahkan lebih banyak dari buah berry – serta mineral zinc.
Tetapi sekali lagi perlu diingat bahwa anda tidak boleh memilih coklat secara sembarangan. Jenis coklat yang telah dicampur susu, rasa buah, atau coklat putih cenderung telah dicampurkan dengan gula tambahan yang malah akan memicu peradangan dan membuat penyakit anda semakin parah serta semakin lama untuk disembuhkan.
Blueberry

Jenis buah yang satu ini telah dikenal sebagai gudangnya antioksidan menyehatkan sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh anda, terutama ketika blueberry ini tumbuh secara liar (bukan hasil budidaya). Dalam sebuah penelitian dari Cornell University di tahun 2007 sendiri menemukan bahwa blueberry liar ternyata mengandung antoksidan yang lebih aktif jika dibandingkan dengan jenis buah manapun berkat kandungan antosionin dengan kadar tinggi yang dimilikinya.

Jamur

Jika berbicara mengenai jamur, maka pilihan kita akan sangatlah beragam, dimulai dari jamur tiram, jamur kancing, shiitake, maitake, dan lain sebagainya – selama jamur tersebut bukan jenis yang beracun. Untungnya, anda tidak harus bingung-bingung dalam memilihnya, karena faktanya hampir semua jenis jamur (terutama yang sudah disebutkan barusan) mengandung antioksidan pendorong sistem kekebalan tubuh, bersama dengan kalium, vitamin B, dan serat.

Sebut saja jamur shiitake dari Jepang, yang mana mengandung lentinan, yaitu sejenis nutrisi yang dipercaya memiliki sifat anti-kanker yang sangat ampuh.

Teh

Hampir semua orang sudah tahu bahwa dengan menyeduh teh hangat di sore hari dapat memecah kemacetan di dada dan meredakan sakit tenggorokan di saat yang bersamaan. Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa manfaatnya jauh lebih banyak daripada itu.

Baca Juga : 7 Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Madu Asli

Faktanya, semua jenis teh – termasuk teh hijau, putih, atau coklat – mengandung kelompok antioksidan yang dikenal sebagai katekin, yang mana telah terbukti dapat mengobati flu anda secara signifikan. Kebanyakan orang Indonesia selalu mengkonsumsi kopi sesaat setelah pulang dari kerja. Nah, demi kesehatan anda, dimulai dari sekarang cobalah untuk mengganti kopi tersebut dengan teh hijau karena mengandung antioksidan pendukung kesehatan tubuh sekaligus pencegah anda terkena pilek musiman.