7 Jenis Makanan yang Buruk Untuk Gigi Anda

7 Jenis Makanan yang Buruk Untuk Gigi Anda – Banyak para ahli kesehatan mengatakan bahwa apa yang anda makan, maka akan berdampak pada kesehatan tubuh. Tetapi jangan lupa juga bahwa sebelum makanan masuk ke perut, maka akan dikunyah oleh gigi anda terlebih dahulu di mulut. Artinya, jika makanan tersebut dapat merusak tubuh, maka gigi anda pun akan menjadi bagian tubuh pertama yang terkena dampaknya.

Sebut saja beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan plak perusak gigi anda. Plak tersebut merupakan lapisan film lengket yang dipenuhi oleh bakteri, dimana mereka dapat berkontribusi terhadap penyakit gusi dan kerusakan gigi anda.

Kondisi ini tentu dapat diperparah ketika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Pemanis tersebut akan membuat bakteri-bakteri melepaskan asam yang menyerang enamel gigi anda. Dan ketika enamel tersebut rusak, maka gigi berlubang pun akan semakin berkembang.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, rongga gigi atau gigi berlubang merupakan sejenis penyakit kronis yang menyerang orang-orang antara 6 hingga 19 tahun. Penyakit ini akan menyebabkan berbagai macam komplikasi seperti rasa nyeri, susah mengunyah, dan hingga abses gigi.

Jika anda tidak rajin menggosok gigi atau membersihkan mulut, maka plak di gigi anda pun akan semakin mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Jika dibiarkan terlalu lama, maka akan menyebabkan masalah baru, yaitu gingivitis atau bentuk awal dari penyakit gusi yang menyakitkan.

Lantas, bagaimana cara menghindari atau mencegah plak tersebut merusak mulut anda? Nah, selain dengan menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut secara teratur, anda pun tentunya harus siap menjaga pola makan anda. Adapun beberapa jenis makanan terburuk untuk gigi anda yang harus dihindari telah kami paparkan secara lengkap di bawah ini.

Baca Juga : 9 Makanan Terbaik yang Bisa Dikonsumsi Ketika Pilek Menyerang

Permen Asam

Semua orang sudah tahu bahwa terlalu banyak mengkonsumsi permen manis dapat merusak gigi. Tetapi, permen dengan varian rasa yang asam jauh lebih berbahaya karena dapat merusak gigi berkali-kali lipat. Hal ini karena asam tersebut memiliki efek yang sangat keras. Terlebih lagi, karena tekstur mereka yang kenyal, permen-permen perusak gigi ini pun beresiko menempel di gigi anda lebih lama lagi sehingga bisa menyebabkan pembusukan.

Mudah saja bagi orang yang tidak suka manisan untuk menghindari jenis makanan yang satu ini. Tetapi berbeda dengan mereka yang sudah tergila-gila dan kecanduan, maka memotong asupannya saja sudah menjadi tantangan tersendiri. Jadi untuk mengakalinya, anda bisa memilih coklat yang bisa lebih cepat dikunyah dan lebih mudah dibersihkan dari mulut dan gigi anda.

Roti

Selalu berpikirlah dua kali jika anda ingin mengkonsumsi roti yang mengenyangkan. Pada dasarnya, roti mengandung karbohidrat yang jika dikunyah oleh gigi anda, maka air liur di mulut akan mengubah pati tersebut menjadi gula. Alhasil, roti pun sekarang menjadi seperti permen yang dapat menempel di sela-sela gigi anda sambil menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Jika anda tidak segera membersihkannya, maka makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti dan nasi putih tentu dapat menyebabkan anda terkena gigi berlubang.

Tetapi karena tubuh kita membutuhkan karbohidrat untuk bergerak dan tetap bekerja sebagaimana mestinya, maka akan lebih baik jika anda lebih memilih gandum utuh sebagai gantinya. Makanan ini (termasuk beras merah) memiliki lebih sedikit gula dan cenderung tidak mudah untuk dicerna oleh tubuh dan air liur anda.

Minuman Beralkohol

Selain tabu untuk dikonsumsi, minuman beralkohol pun benar-benar tidak menyehatkan! Ketika anda meminum tegukan demi tegukan dari zat yang memabukkan tersebut, maka secara langsung akan mengeringkan mulut anda dari air liur. Sementara, air liur tersebut bertugas dalam menjaga agar mulut dan gigi anda tetap sehat.

Faktanya, air liur berfungsi sebagai pencegah makanan yang anda masukan ke dalam mulut menempel di gigi sekaligus membuang partikel-partikel makanan di sana, dan bahkan membantu memperbaiki tanda-tanda awal dari kerusakan gigi, penyakit gusi, dan infeksi mulut lainnya. Oleh karena itulah, menjaga agar mulut anda tetap terhidrasi merupakan salah satu langkah nyata agar gigi anda tetap sehat dan kuat. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi cairan yang cukup dan menggosok gigi secara teratur.

Minuman Berkarbonasi
Selain yang mengandung alkohol, minuman berkarbonasi atau bersoda pun tak kalah dalam merusakkan gigi anda secara nyata. Teori ini dipertegas oleh sebuah penelitian yang membuktikkan bahwa mengkonsumsi minuman soda berkarbonasi secara berlebihan dapat merusak gigi layaknya ketika anda mengkonsumsi sabu-sabu dan kokain.

Minuman atau cairan berbahaya ini dapat memungkinkan plak untuk memproduksi lebih banyak asam sehingga bisa menyerang enamel gigi anda lebih ganas. Tidak berhenti sampai di sana, efeknya akan terus berlanjut hingga membuat mulut anda menjadi kering dan menguras air liur anda secara membabi buta. Ditambah lagi, minuman berkarbonasi yang berwarna gelap (seperti cola) dapat menodai gigi anda.

Perlu diingat pula untuk tidak menggosok gigi sesaat setelah anda mengkonsumsi minuman bersoda, karena malah akan mempercepat proses pembusukan di gigi anda.

Es
Es memang terbuat dari air, tetapi bukan berarti bisa aman dikonsumsi secara bebas. Faktanya, menurut American Dental Association mengatakan bahwa mengunyah zat keras seperti es batu ternyata dapat merusak enamel dan membuat anda lebih rentan terkena berbagai macam masalah gigi seperti gigi retak, rusak, atau mengendurnya mahkota gigi anda.

Pada dasarnya, es batu digunakan sebagai pendingin dari suatu minuman tertentu – dan bukan untuk dikunyah secara langsung. Jika kebiasaan buruk tersebut terus dilakukan, maka cepat atau lambat gigi anda akan melemah dan mengalami kerusakan sehingga rentan terkena patah gigi, atau kehilanga gigi seutuhnya.

Buah Citrus

Buah citrus seperti jeruk dan lemon sudah terkenal dengan vitamin C dan rasanya yang asam. Tetapi ingat, sesuatu yang asam dapat merusak gigi anda dan rentan mengalami pembusukan jika asupannya tidak terkontrol, sekalipun makanan tersebut sangatlah menyehatkan untuk tubuh anda.

Asam dari buah citrus juga dapat mengganggu luka di mulut (seperti sariawan). Tetapi jika anda benar-benar membutuhkan asupan vitamin C dan antioksidan setiap harinya, pastikan untuk mengkonsumsinya secara bertahap tepat setelah jam makan berakhir. Jangan lupa bersihkan atau gosok gigi setelahnya.

Baca Juga : 9 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan yang Membandel

Keripik Kentang

Kerenyahan dari keripik kentang memang selalu membuat kita ketagihan, sehingga tak jarang dari kita sulit untuk mengontrol asupannya. Sayangnya, makanan ini bukan termasuk ke dalam jenis yang menyehatkan. Sebaliknya, selain telah dikaitkan dengan berbagai macam kondisi kesehatan seperti kolesterol tinggi dan penyakit jantung, keripik kentang juga pertama-tama akan melancarkan serangannya di mulut anda.

Prosesnya hampir sama dengan roti, yaitu pati yang terkandung dalam keripik ketang akan diubah menjadi sejenis gula yang kemudian bisa terperangkap diantara gigi-gigi anda. Saat itu terjadi, maka akan menjadi sumber makanan melimpah untuk bakteri jahat di plak anda. Parahnya, produksi asam dalam keripik kentang akan tetap bertahan lumayan lama hingga akhirnya merusak gigi anda tanpa ampun.