7 Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Madu Asli

7 Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Madu Asli – Madu telah banyak digunakan sebagai makanan dan obat-obatan semenjak peradaban kuno beberapa ribu tahun yang lalu. Hal ini karena orang-orang zaman dulu telah mengetahui bahwa kandungan dalam makanan manis ini sangatlah bermanfaat terhadap kesehatan manusia secara keseluruhan. Bahkan, pengobatan dan perkembangan medis modern saat ini pun mengatakan bahwa madu dapat digunakan sebagai pengganti gula rafinasi karena cenderung terbebas dari kalori berlebih.

Cairan manis ini dibuat oleh sejenis lebah dimana mereka akan terus mengerumuni sarang demi mengumpulkan cairan bunga yang kaya akan gula di sana. Kemudian di dalam sarang tersebut, mereka akan terus menerus memakan, mencerna, dan memuntahkan kembali cairan tersebut hingga akhirnya dihasilkanlah madu sebagai produk akhir.

Meskipun prosesnya terdengar menjijikan, tetapi madu ternyata sangatlah lezat dan menyehatkan. Cairan kental kuning ini mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk tubuh. Dari satu sendok makan madu saja (sekitar 21 gram) mengandung sekitar 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa.

Namun sayangnya anda tidak bisa menemukan serat, lemak, ataupun protein di dalamnya. Meskipun begitu, madu masih bisa memberikan anda beragam vitamin dan mineral yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh di hari itu. Bahkan, anda bisa mendapatkan kandungan senyawa tanaman bioaktif dan antioksidan di dalamnya. Semakin gelap warna dari cairan madu tersebut, maka akan semakin banyak pula kandungan dari senyawa menyehatkan tersebut.

Adapun jenis antioksidan yang dimiliki oleh madu berkualitas tinggi diantaranya adalah fenol, enzim dan senyawa seperti flavonoid dan asam organik. Asupan antioksidan sendiri telah dikaitkan dengan kemampuan tubuh anda dalam mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, stroke, dan berbagai macam jenis kanker tertentu.

Nah, karena kandungan tersebut pulalah, anda bisa memetik berbagai macam manfaat kesehatan jika mengkonsumsi madu secara teratur. Adapun beberapa manfaat kesehatan yang dapat diberikan cairan manis madu telah kami paparkan di bawah ini secara lengkap.

Baca Juga : 12 Makanan Terbaik Untuk Mendukung Kesehatan Kulit Anda

7 Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Madu Asli

Baik Untuk Diabetes

Madu memang mengandung gula, tetapi tidak akan terlalu melonjakkan kadar gula darah anda separah gula rafinasi yang biasanya anda konsumsi dari makanan-makanan kurang bergizi. Sebaliknya, madu dapat memberikan keuntungan tambahan terhadap anda yang tengah menderita diabetes seperti mengurangi kadar kolesterol buruk ‘LDL’, trigliserida, dan peradangan. Kadar kolesterol baik ‘HDL’ pun akan meningkat secara bersamaan.

Mengurangi Tekanan Darah

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa madu mengandung kadar antioksidan yang memukau dimana telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah anda secara signifikan. Meningkatnya tekanan darah sendiri telah dikaitkan dengan berbagai macam faktor resiko mengerikan seperti penyakit jantung, sehingga sangat penting sekali bagi anda untuk mengkonsumsi madu secara teratur jika tengah mengalami kondisi berbahaya yang satu ini.

Memperbaiki Kolesterol

Seperti caranya dalam membantu anda ketika tengah menderita diabetes, madu pun dapat mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik bernama HDL. Tentu saja, aktivitas ini akan memainkan peran penting terhadap aterosklerosis, yaitu kondisi yang terjadi ketika terdapatnya penumpukan lemak dalam arteri anda sehingga dapat mengarah ke serangan jantung dan stroke.

Tidak hanya itu, madu pun dapat mengurangi kadar LDL di saat yang bersamaan. Teori ini tentunya telah didukung oleh sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 55 orang, dimana mereka menemukan bahwa mengkonsumsi madu dapat mengurangi kolesterol buruk sebanyak 5,8%, meningkatkan kolesterol baik sebanyak 3,3%, serta mengurangi berat badan hingga 1,3%.

Mengurangi Trigliserida

Meningkatnya trigliserida dalam darah juga telah menjadi faktor resiko lainnya kemungkinan anda mengembangkan penyakit diabetes. Terdapat pula tanda kondisi resistensi insulin yang menjadi penanda utama dari penyakit diabetes tipe-2. Peningkatan kadar trigliserida sendiri seringkali disebabkan oleh pola makan buruk yang tinggi akan gula dan karbohidrat rafinasi.

Tetapi untungnya, semua masalah tersebut nampaknya dapat teratasi dengan mengkonsumsi madu, yang mana telah terbukti dapat mengurangi kadar trigliserida anda secara efektif – berbeda ketika anda mengkonsumsi makanan manis dengan kandungan gula meja atau bahkan gula buatan. Penelitian juga menunjukkan bahwa pengurangan kadar trigliserida bisa mencapai 11 hingga 19% jika anda mengganti gula biasa dengan madu.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lagi-lagi, kadar antioksidan dalam madu memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh anda, termasuk kesehatan jantung. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa madu merupakan sumber yang sangat kaya akan fenol dan jenis antioksidan lainnya. Dan tentu saja, kebanyakan dari kandungan tersebut telah dikaitkan dengan berkurangnya resiko anda terkena penyakit jantung.

Antioksidan tersebut akan membantu memperbesar arteri di jantung sehingga dapat meningkatkan aliran darah masuk ke dalam otot utama tubuh anda. Di saat yang bersamaan, madu pun dapat membantu mencegah terjadinya pembentukan bekuan darah yang telah menjadi akar penyebab dari serangan jantung dan stroke.

Menyembuhkan Luka Bakar

Penggunaan madu sebagai obat luka bakar dan luka lainnya di kulit telah dilakukan semenjak zaman Mesir kuno, dan menariknya masih digunakan hingga sekarang oleh pengobatan modern. Dalam sebuah ulasan di tahun 2015 yang mempelajari tentang 26 penelitian terhadap madu menemukan bahwa ternyata madu sangatlah efektif dalam menyembuhkan luka bakar parsial dan luka infeksi setelah menjalani operasi.

Tidak hanya itu, madu pun bisa anda gunakan sebagai pengobatan ulkus kaki diabetik, yaitu salah satu komplikasi yang terjadi ketika anda menderita diabetes dan biasanya mengharuskan anda menjalani amputasi kaki.

Para ahli pun bahkan mengancungi jempol terhadap kekuatan madu karena mampu memberikan tingkat keberhasilan hingga 43,3% untuk pengobatan luka kulit, dan 97% untuk pengobatan ulkus diabetes yang mengerikan. Kekuatan menyembuhkan tersebut datang dari sifat anti-bakteri dan anti-radang yang dimilikinya, dan kemampuannya dalam menyuburkan jaringan di sekitarnya.

Tidak berhenti sampai di sana, beberapa penyakit kulit lainnya termasuk psoriasis, wasir, dan lesi herpes pun bisa diobati dengan menggunakan madu manis nan lezat.

Menekan Batuk Terhadap Anak-Anak

Gejala batuk-batuk sangatlah umum terjadi bagi anak-anak yang tengah menderita infeksi saluran nafas bagian atas. Sayangnya, pengobatan biasa seringkali tidak bekerja terlalu efektif dan hanya menekan batuk tersebut sementara waktu.

Tetapi berbeda dengan madu yang bisa mengobati batuk anak-anak anda dengan sangat cepat dan efektif. Bahkan penelitian sendiri telah membuktikkan bahwa mad pun dapat mengurangi gejala batuk sambil meningkatkan kualitas tidur seorang anak yang biasanya terganggu saat gejala tersebut berlangsung.

Tetapi pastikan anda untuk tidak memberikan madu kepada anak di bawah umur 1 tahun karena bisa mengalami keracunan yang disebut sebagai botulisme.

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel, Madu, dan Bawang Putih

Hal yang Harus Diperhatikan

Madu termasuk ke dalam cairan manis yang sangat lezat serta menyehatkan. Tetapi pastikan anda untuk memilih madu asli berkualitas tinggi yang dijual di pasaran – bukan jenis yang telah dicampurkan dengan terlalu banyak pemanis buatan atau bahkan madu palsu yang diproduksi dengan cairan dan bahan tertentu.

Dan perlu diingat pula untuk selalu membatasi asupannya karena madu masih sangat tinggi akan kandungan gula sehingga beresiko melonjakkan kadar gula darah jika dikonsumsi tanpa aturan.