6 Manfaat dan Alasan Kenapa Anda Harus Makan Telur Setiap Hari

6 Manfaat dan Alasan Kenapa Anda Harus Makan Telur Setiap Hari – Ketika berbicara mengenai menu sarapan pagi, maka telur bisa menjadi salah satu jenis yang paling cocok untuk anda. Bagaimanapun cara anda dalam mengkonsumsinya – baik itu dijadikan telur mata sapi, direbus, maupun dikocok – jenis makanan super yang satu ini masih mengandung sejumlah nutrisi penting untuk tubuh sambil memberikan rasa lezat untuk lidah anda.

Tetapi sayangnya, selama bertahun-tahun orang-orang merasa takut mengkonsumsi telur karena dikemas dengan lemak jenuh dan kolesterol, sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan yang paling banyak dihindari karena dipercaya dapat memberikan resiko buruk terhadap jantung.

Tetapi kini, banyak penelitian yang berhasil membalikkan teori tersebut. Sebut saja sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, yang mana para peneliti mencoba melibatkan sekitar 128 orang yang tengah menderita diabetes tipe-2 dan kemudian diberikan telur sebanyak 12 buah per minggu selama 3 bulan. Di akhir penelitian tersebut menunjukkan bahwa ternyata telur cenderung tidak meningkatkan faktor resiko kardiovaskular – termasuk kolesterol, kadar gula darah, atau tekanan darah.

Tetapi meskipun begitu, banyak para dokter dan ahli gizi dunia selalu menyarankan anda untuk tidak mengkonsumsi telur terlalu banyak. Satu butir per hari mungkin adalah jumlah yang ideal untuk anda yang ingin mempertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tetapi wacana kita tidak berhenti sampai disana, karena masih terdapat hal-hal luar biasa yang bisa anda dapatkan jika rajin mengkonsumsi telur. Adapun beberapa manfaat dan alasan kenapa anda harus mengkonsumsi telur setiap hari sudah kami paparkan di bawah ini untuk anda secara lebih mendetail.

Baca Juga : 7 Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Madu Asli

6 Manfaat dan Alasan Kenapa Anda Harus Makan Telur Setiap Hari

Mengandung Nutrisi Penting Untuk Tubuh

Faktanya, satu buah telur berukuran besar saja sudah memuat sekitar 75 kalori, 5 gram lemak, dan 6 gram protein. Selain itu, telur pun mengandung sekitar 1,6 gram lemak jenuh, sehingga banyak orang yang cenderung menghindarinya ketika tengah menderita penyakit terkait jantung.

Seorang pemilik Amy Gorin Nutrition bernama Amy Gorin, RDN, dari kota New York mengatakan bahwa dari rata-rata 1.500 kalori yang kita dapatkan, maka satu telur saja sudah memuat 1 persen dari asupan lemak jenuh harian yang direkomendasikan, dan haruslah dibatasi hingga 10 persen dari total kalori tersebut. Tetapi baru-baru ini U.S. Dietary Guidelines for Americans mencabut batasan tersebut – terutama untuk telur – karena tidak didukung dengan penelitian yang memadai.

Jadi artinya, mengkonsumsi telur tidak akan membuat anda mengalami berbagai macam penyakit jantung yang mematikan. Bahkan jika dibandingkan dengan makanan yang mengandung lemak jenuh lainnya – seperti daging sapi, produk susu, atau gorengan – telur cenderung lebih baik untuk dimakan, terutama saat sarapan. Namun tetap saja bagi anda yang tengah menderita beberapa penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah yang tak terkontrol, atau gabungan dari keduanya, haruslah selalu membatasi asupan telur tersebut dari waktu ke waktu.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Anda mungkin tidak terlalu sering mendengar sejenis nutrisi bernama Kolin, tetapi faktanya tubuh anda benar-benar membutuhkannya agar mampu berfungsi dengan baik setiap hari. Menurut National Institutes of Health sendiri mengatakan bahwa kolin memainkan peran penting dalam fungsi dan perkembangan otak, memori, metabolisme, dan suasana hati anda.

Sayangnya, tubuh anda tidak mampu memproduksi kolin secara cukup sehingga anda harus mendapatkan tambahannya dari makanan. Dan tentu saja, telur termasuk ke dalam salah satu jenis kudapan yang sangat baik dalam menyediakan kolin untuk tubuh anda.

Kebanyakan kaum wanita memerlukan setidaknya 425 mg kolin per harinya, dan jumlah tersebut bisa meningkat hingga 550 mg ketika anda memasuki masa kehamilan atau telah menjadi seorang ibu yang tengah menyusui. Sementara untuk pria normal memerlukan jumlah kolin yang sama seperti ibu hamil, yaitu 550 mg per hari. Menariknya, anda bisa menemukan kolin sebanyak 147 mg dalam satu butir telur rebus saja.

Bermanfaat Untuk Mata

Lutein dan Zeaxanthin merupakan dua jenis antioksidan penting yang terdapat di dalam retina mata anda, dimana mereka bekerja sama untuk menyaring cahaya yang masuk ke mata anda sehingga membuat sel-sel sehat di sana tetap terjaga dengan baik. Bahkan para peneliti dari American Optometric Association sendiri telah membuktikkan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat memangkas resiko anda terkena penyakit mata tertentu, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Dikarenakan tubuh anda tidak akan pernah mampu memproduksi kedua jenis antioksidan ini, maka anda diharuskan mendapatkannya dari makanan yang anda konsumsi setiap hari. Dan tentu saja, telur termasuk ke dalam jenis makanan yang dapat memberikan kadar lutein dan zeaxanthin yang cukup setiap harinya.

Meskipun pada dasarnya anda pun masih bisa menemukan kedua jenis antioksidan tersebut dalam sayuran hijau, tetapi penelitian juga telah menunjukkan bahwa tubuh anda cenderung lebih mudah menyerap lutein dan zeaxanthin dari telur karena kandungan lemak yang dimilikinya. Mendapatkan asupan sayuran hijau memang penting, tetapi jika tujuan anda untuk mendapatkan asupan lutein dan zeaxanthin, maka akan lebih baik jika didapatkan dari telur saja.

Meningkatkan Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

Kolin, lutein, dan zeaxanthin hanyalah tiga dari banyaknya jenis nutrisi yang bisa anda dapatkan dari makanan ini. Faktanya, telur pun dikemas dengan protein, asam amino esensial, lemak sehat, vitamin D, vitamin B, vitamin A, kalium, hingga karotenoid. Jadi tidak heran jika telur dapat menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

Baca Juga : 9 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan yang Membandel

Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian di Australia membandingkan antara orang-orang yang selalu mengkonsumsi telur dengan mereka yang tidak, dan ternyata kedua grup tersebut sama-sama mampu mengurangi berat badan mereka dengan jumlah yang hampir sama. Itu artinya, telur tidak akan membuat anda gemuk. Bahkan, telur bisa menjadi salah satu makanan lezat dan memuaskan yang bisa dikonsumsi secara aman di pagi hari.

Ditambah lagi kandungan protein yang dimilikinya cenderung membuat anda lebih kenyang selama beberapa jam ke depan. Kondisi ini tentu akan membantu upaya anda dalam menurunkan berat badan karena lebih mungkin terhindar dari ngidam makanan atau food cravings yang biasanya terjadi beberapa jam setelah makan.

Membantu Membangun Otot

Tubuh anda akan selalu membutuhkan protein demi memperbaiki kerusakan kecil di jaringan otot setiap kali anda selesai berolahraga, dengan begitu dapat membuatnya menjadi lebih besar dan cepat. Itulah kenapa telur seringkali menjadi salah satu kudapan terbaik yang senantiasa dipilih oleh para binaragawan.

Selain itu, menurut sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kaum pria yang mengkonsumsi 3 telur utuh (18 gram protein) segera setelah selesai melakukan latihan kekuatan otot, maka cenderung mengalami respon pembangunan otot yang lebih besar dibandingkan dengan kaum pria yang hanya mengkonsumsi telur putihnya saja.

Seperti yang sudah disebutkan di penelitian di atas, pastikan anda mengkonsumsi telur secara utuh (bersama kuning telurnya) agar mendapatkan nutrisi secara maksimal seperti asam lemak omega-3 dan berbagai macam jenis vitamin serta mineral penting lainnya untuk membantu tubuh dalam memproses pertumbuhan otot-otot anda.