4 Cara Alami Mengobati dan Menyembuhkan Pergelangan Kaki Terkilir

4 Cara Alami Mengobati dan Menyembuhkan Pergelangan Kaki Terkilir – Menurut American Orthopedic Foot & Angkle Society memperkirakan bahwa terdapat sekitar 25 ribu orang yang mengalami pergelangan kaki terkilir setiap harinya. Cedera ini bisa menjangkiti siapa saja di segala usia dikarenakan berbagai macam faktor, seperti kinerja berlebihan pada kaki anda atau postur dan posisi yang jelek saat latihan.

Adapun faktor-faktor penyebab lainnya yang lebih jarang terjadi seperti kompensasi otot, ketidakseimbangan dalam otot oposisi, dan berdampak pada ligamen atau sendi di dekat kaki. Bagi orang yang lebih tua, terjatuh karena ketidak-stabilan dan melemahnya pergelangan kaki pun bisa sering terjadi.

Ketika pergelangan kaki anda terkilir, maka beberapa gejala yang menyakitkan pun akan muncul, seperti pembengkakan, nyeri yang berdenyut, atau bahkan perubahan warna pada kaki anda menjadi membiru atau menghitam. Cedera ini bisa sangat menyakitkan sehingga akan memaksa anda untuk selalu duduk di kursi atau terbaring di kasur, dan sebagian besar kasus, kaki anda tidak akan bisa digunakan untuk sementara waktu.

Tetapi masih terdapat kabar gembira dimana sebenarnya anda bisa mengobati dan menyembuhkan pergelangan kaki terkilir tersebut dengan sangat cepat. Namun perlu diperhatikan juga untuk mengistirahatkan kaki anda yang terkilir setidaknya antara 48 hingga 72 jam agar proses pengobatan menjadi lebih baik.

Nah, adapun beberapa pengobatan alami untuk mengobati pergelangan kaki terkilir yang bisa anda lakukan telah kami jabarkan secara terpirinci di bawah ini.

Baca Juga : 8 Manfaat Olahraga Berenang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Berikan Es dan Beristirahat

Seperti yang sudah disarankan sebelumnya bahwa anda harus beristirahat yang cukup selama masa penyembuhan. Bahkan ini bisa disebut sebagai pengobatan pergelangan kaki terkilir yang paling dasar. Di jam-jam pertama hingga hari kedua anda mengalami cedera tersebut, kompreskan juga cairan es dingin ke area yang cedera untuk mencegah pembengkakan. Tekan kompresan tersebut ke pergelangan kaki anda antara 15 hingga 30 menit. Idealnya, lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari. Jauhkan kaki anda dari suhu panas, dan hindari penggunaan es batu secara langsung ke kulit di pergelangan kaki anda.

Izinkan tubuh dan kaki anda beristirahat selama 72 jam (3 hari) setelah pasca cedera tersebut terjadi. Normalnya, tubuh anda akan membutuhkan sekitar 2 minggu untuk sembuh. Tetapi jika pergelangan kaki terkilir tersebut terlihat sangat parah, maka bisa memakan waktu antara 6 hingga 12 minggu.

Saat kaki anda berhasil sembuh, atau 70% telah mengalami kesembuhan, maka lakukan beberapa olahraga yang dapat mempercepat proses penyembuhan, seperti berenang atau bersepeda. Tetapi bagi anda yang mengalami pergelangan kaki terkilir yang parah, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Turunkan Peradangan Dengan Pola Makan

Pola makan selintas memang tidak terlihat memiliki sangkut paut dengan cedera pergelangan kaki anda, tetapi faktanya tubuh anda akan membutuhkan lebih banyak nutrisi demi menjaga persendian, otot-otot, dan ligamen anda tetap kuat. Terdapat beberapa makanan alami yang dapat membantu pemulihan pergelangan kaki terkilir, yaitu dengan mendapatkan asupan makanan anti-radang demi mengurangi pembengkakan sekaligus mendukung penyembuhan jaringan yang telah rusak.

Beberapa yang direkomendasikan oleh para ahli diantaranya:

  • Kolagen. Ini termasuk ke dalam jenis protein yang banyak sekali terdapat di tubuh manusia, dimana dibutuhkan untuk menjaga semua jenis jaringan ikat yang kuat. Anda bisa menemukan jenis protein ini dari kaldu tulang untuk pengobatan karena telah terbukti dapat membantu mempercepat pemulihan keseleo, terkilir, dan ligamen yang terluka.
  • Protein tanpa Lemak. Tubuh anda tidak akan mampu membangun kembali jaringan yang tertekan tanpa adanya cukup protein di dalam tubuh. Jadi, pastikan untuk mengkonsumsi setidaknya 3-5 ons dari protein organik tanpa lemak berkualitas tinggi. Adapun contoh makanan yang bisa dikonsumsi adalah ikan liar atau daging sapi pemakan rumput.
  • Sayuran Berdaun Hijau. Brokoli, bayam, kale, dan berbagai macam sayuran berdaun hijau lainnya sangatlah kaya akan antioksidan, vitamin K, dan berbagai macam mineral yang mana sangat penting dalam proses penyembuhan tubuh anda.
  • Vitamin C. Makanan yang mengandung jenis vitamin pendukung sistem kekebalan tubuh ini dapat membantu membangun kembali kembali kolagen, yaitu komponen penting yang terdapat dalam kulit dan jaringan tubuh. Tingkatkan asupan vitamin C anda dari sayuran dan buah-buahan, yang dikombinasikan dengan kadar elektrolit seperti magnesium dan kalium demi mempercepat penyembuhan dan mengurangi nyeri otot. Contoh jenis makanan terbaik yang bisa didapatkan adalah buah citrus, paprika, stroberi, air kelapa, dan pisang.
  • Zinc. Makanan yang kaya akan zinc atau seng dapat memfasilitasi reaksi kimia yang digunakan untuk membangun kembali jaringan serta mendukung sistem kekebalan di tubuh manusia. Untuk mendapatkan mineral ini, anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis kudapan lezat seperti daging sapi, biji labu, dan bayam.
  • Antioksidan. Seiring dengan berjalannya usia seseorang, maka anda pun akan semakin aktif sehingga tubuh cenderung terkena tekanan dan radikal bebas bisa tercipta. Radikal bebas sendiri dapat merusak bagian di seluruh tubuh anda dengan berbagai macam cara seperti penuaan, stres, dan kelemahan. Demi mempercepat proses penyembuhan pergelangan kaki terkilir anda, maka radikal bebas pun haruslah dinetralisir dengan makanan kaya akan antioksidan termasuk berry, teh hijau, kakao, dan lain sebagainya.

Di saat yang bersamaan, anda pun harus menghindari beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya peradangan, dimana cenderung dapat memperparah pergelangan kaki anda yang terkilir, seperti alkohol, makanan yang mengandung terlalu banyak garam, gula dan gandum olahan, minyak terhidrogenasi, serta kafein.

Cobalah Beberapa Suplemen Untuk Membantu Memperbaiki Jaringan

Demi memperbaiki jaringan yang telah rusak akibat cedera, maka anda membutuhkan nutrisi penting yang mengurangi peradangan seperti yang sudah dijelaskan di atas, sekaligus mendukung perbaikan jaringan dan meningkatkan faktor pertumbuhan. Menurut Dr. Axe, semuanya bisa dibantu dengan mengkonsumsi beberapa suplemen seperti:

  • Bromelain (500 mg 3x sehari). Merupakan enzim yang terdapat dalam batang nanas, yang dapat membantu proses penyembuhan dan memiliki efek anti-radang.
  • Asam Lemak Omega-3 (4g per hari). EPA dan DHA yang bisa anda temukan dalam minyak ikan sangatlah dibutuhkan untuk mengobati cedera di kaki sekaligus mengurangi peradangan yang tengah terjadi di sana.
  • MSM (1000 mg 3x sehari). Suplemen ini memiliki efek anti-radang dan sumber dari sulfur yang dibutuhkan untuk kesehatan tendon anda.

Gunakan Minyak Esensial Untuk Mengurangi Pembengkakan dan Rasa Nyeri

Terdapat berbagai macam jenis minyak esensial yang dapat merawat pergelangan kaki anda yang tengah terkilir. Kunci dari mengurangi rasa sakit dari cedera kaki tersebut adalah dengan mengurangi peradangan, maka anda pun bisa menggunakan minyak cypress esensial yang terbuat dari sejenis pohon cemara untuk mengurangi inflamasi tersebut sambil meningkatkan sirkulasi ke area yang terasa sakit secara bersamaan.

Anda bisa mencampurkan 2 tetes minyak cypress tersebut ke dalam setengah sendok teh minyak kelapa, kemudian oleskan ke area pergelangan kaki yang terkilir, dan disusul dengan kompresan hangat selama 2 menit. Lakukan cara tersebut sebanyak 3 hingga 5 kali dalam sehari.