9 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan yang Membandel

9 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan yang Membandel – Suara serak, rasa gatal di tenggorokan, batuk-batuk, dan iritasi merupakan beberapa gejala dari sakit tenggorokan yang bisa menyerang siapapun tanpa mengenal usia maupun pangkat seseorang. Gangguan atau kondisi kesehatan ini bisa juga disebabkan oleh penyakit lain yang anda derita – seperti pilek dan flu – sehingga seringkali membuat anda sulit menelan makanan atau minuman tertentu.

Meskipun sakit tenggorokan bukanlah termasuk ke dalam penyakit mematikan layaknya kondisi jantung ataupun kanker, tetapi tetap saja bisa memberikan efek kurang mengenakkan di tubuh anda. Bahkan tak jarang sakit tenggorokan tersebut bisa mengganggu istirahat anda di malam hari sehingga berefek pada kualitas tidur anda yang buruk.

Jadi, jika dibiarkan terlalu berlarut-larut maka dapat memberikan anda resiko terkena penyakit lainnya, karena faktanya kurang beristirahat dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terkena penyakit. Maka dari itulah, sekalipun sakit tenggorokan termasuk ke dalam jenis penyakit ringan, tetapi harus mendapatkan perawatan agar tidak terjadi efek domino terhadap kesehatan tubuh anda.

Untungnya, kami telah menyediakan berbagai macam cara alami untuk mengobati sakit tenggorokan anda, dimana melibatkan bahan-bahan alami yang terbebas kimia. Tanpa berbicara panjang lebar lagi, berikut adalah metode yang bisa anda lakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter.

Baca Juga : 10 Makanan Terburuk yang Harus Dihindari Ketika Menderita Penyakit Pilek

9 Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan yang Membandel

Konsumsi Madu

Madu bisa anda konsumsi baik secara langsung maupun dicampurkan dengan teh untuk mengobati sakit tenggorokan yang tengah menyerang anda. Bahkan sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa madu ternyata lebih efektif dalam meredakan sakit tenggorokan di malam hari dibandingkan dengan obat kimia yang biasa anda temukan di warung-warung ataupun apotek terdekat.

Hal ini karena sifat dasar madu cenderung dapat mengobati berbagai macam luka, termasuk luka ringan dan luka bakar. Jadi tentu saja, sifat dan efeknya tersebut juga sangat berpengaruh besar dalam mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan anda.

Baca Juga : 7 Manfaat Kesehatan Menakjubkan Dari Madu Asli

Berkumur Cairan Garam

Dengan berkumur cairan garam, maka tenggorokan anda akan dibantu dari serangan menyakitkan dengan cara memecah sekresi disana. Air garam juga dikenal sebagai cairan pembunuh bakteri di dalam tenggorokan anda, sehingga menjadi salah satu obat ampuh dalam mengobati sakit tenggorokan yang mengganggu.

Cara menggunakannya, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih hangat. Kemudian berkumurlah menggunakan cairan tersebut demi mengurangi pembengkakan dan menjaga agar tenggorokan anda tetap bersih dari kuman dan bakteri. Lakukan cara ini setiap 3 jam sekali.

Teh Chamomile

Chamomile termasuk ke dalam tanaman herbal yang bisa anda buat sebagai teh herbal alami pereda sakit tenggorokan. Faktanya, tanaman herbal ini telah banyak digunakan sebagai tujuan pengobatan semenjak zaman dulu karena sifat anti-radang, antioksidan dan astringen yang dimilikinya.

Terdapat pula beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dengan menghirup aroma rebusan air chamomile dapat menenangkan gejala dari flu dan pilek, termasuk sakit tenggorokan anda. Mengkonsumsinya dengan cara dibuat teh juga dapat memberikan manfaat yang sama. Bahkan teh herbal ampuh yang satu ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan berbagai macam infeksi penyebab sakit tenggorokan langsung ke akarnya.

Semprotkan Minyak Peppermint ke Mulut

Peppermint telah dikenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal penyegar mulut. Tetapi manfaatnya tidak berhenti sampai di sana. Dengan cara menyemprotkan minyak peppermint yang telah diencerkan ke area mulut anda, maka dapat meredakan sakit tenggorokan secara efektif.

Hal ini karena peppermint mengandung mentol, yang mana dapat membantu mengencerkan lendir dan menenangkan sakit tenggorokan yang disertai dengan batuk-batuk. Anda juga bisa mendapatan efek anti-radang, anti-bakteri, dan anti-virus darinya, sehingga pastikan anda untuk menggunakannya semaksimal mungkin.

Tetapi pastikan anda untuk selalu menambahkan minyak peppermint ini ke dalam jenis minyak esensial lainnya seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa. Artinya, jangan pernah menggunakannya secara langsung karena teksturnya yang terlalu kuat. Untuk takarannya, campurkan 5 tetes minyak peppermint tersebut ke dalam satu ons minyak yang anda pilih. Gunakan sebagai semprotan dan berusahalah untuk tidak menelannya.

Berkumur Dengan Baking Soda

Sementara berkumur dengan air garam sangatlah umum dilakukan, mencampurkan cairan garam dengan baking soda pun bisa memberikan anda dobel keuntungan. Tidak hanya mampu mengobati sakit tenggorokan anda, campuran baking soda dan air garam telah terbukti dapat membunuh bakteri secara langsung sambil mencegah pertumbuhan jamur di sana.

National Cancer Institute menjelaskan cara pembuatannya, yaitu dengan mencampurkan satu gelas air hangat dengan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/8 sendok teh garam. Berkumurlah setiap 3 jam sekali untuk hasil yang lebih baik.

Fenugreek

Fenugreek juga termasuk ke dalam obat alami. Anda bisa mendapatkannya dalam berbagai macam bentuk, dimulai dari biji-bijian, minyak topikal, atau bahkan yang dibuat khusus untuk teh. Jika anda belum tahu mengenai tanaman ini, maka anda bisa memesannya secara online di toko-toko yang tersebar di internet.

Tanaman ini patut dicoba, karena para peneliti sendiri telah melakukan percobaan terhadap efek penyembuh dari Fenugreek, yang mana berkhasiat dalam meredakan nyeri dan membunuh bakteri penyebab iritasi dan peradangan, serta memiliki efek anti-jamur di dalamnya. Tetapi sayangnya, menurut National Center for Complementary and Integrative Health menyarankan wanita yang tengah memasuki masa kehamilan untuk menghindarinya.

Akar Licorice

Akar Licorice juga telah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Anda bisa memasukkan akar Licorice tersebut ke dalam air untuk dijadikan sebagai obat kumur. Tetapi sama halnya seperti Funegreek, akar Licorice haruslah dihindari oleh para wanita yang sudah memasuki masa kehamilan dan ibu menyusui.

Cuka Sari Apel

Pernah mendengar bahan masakan yang satu ini? Sesuai namanya, cuka sari apel terbuat dari apel yang difermentasikan. Keuntungan anda menggunakan cuka jenis ini tentunya dapat menenangkan sakit tenggorokan karena berbagai macam efek anti-bakteri alami yang dimilikinya. Rasa dari cuka sari apel ini juga cenderung asam, sehingga dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan anda sambil menghentikan penyebaran bakteri di sana.

Tetapi jangan pernah mengkonsumsinya secara langsung. Jika anda merasa sakit tenggorokan mulai datang, maka anda harus mengencerkannya terlebih dahulu dengan cara mencampurkan sekitar 1 hingga 2 sendok teh ke dalam satu gelas air putih untuk digunakan sebagai obat kumur. Gunakan cara ini sebanyak 2 kali per jam. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air putih selama proses pengobatan tersebut berlangsung demi menghindari efek samping yang kurang mengenakkan.

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel, Madu, dan Bawang Putih

Bawang Putih

Sudah tidak diragukan lagi bahwa sayuran akar yang satu ini telah masuk ke dalam jajaran makanan super atau ‘super foods’ karena mampu memberikan sejuta manfaat terhadap kesehatan anda. Kandungan bawang putih sudah banyak diteliti dan dikenal memiliki allicin, yaitu sejenis senyawa organosulfer yang memiliki efek dalam melawan infeksi di tubuh, termasuk mengobati sakit tenggorokan anda secara alami dan efektif.