10 Makanan Terburuk yang Harus Dihindari Ketika Menderita Penyakit Pilek

10 Makanan Terburuk yang Harus Dihindari Ketika Menderita Penyakit Pilek – Saat anda mengalami penderitaan karena disebabkan oleh pilek, jangan pernah berpikir untuk mencoba mengkonsumsi makanan berkualitas rendah. Alasannya, makanan-makanan yang kurang menyehatkan tersebut akan memberikan efek negatif secara langsung terhadap tubuh anda, sehingga cenderung memperparah kondisi pilek anda tersebut.

Adapun beberapa makanan yang harus anda hindari ketika tengah menderita penyakit pilek diantaranya jenis yang dapat membuat anda mengalami dehidrasi, menciptakan peradangan di tubuh, hingga mengganggu kualitas tidur anda di malam hari.

Terlebih lagi makanan-makanan kurang menyehatkan tersebut cenderung tidak memberikan nilai gizi yang cukup untuk anda, sehingga dapat menghambat proses penyembuhan anda. Nah, adapun beberapa makanan terburuk untuk dikonsumsi ketika anda tengah menderita pilek telah kami sebutkan satu per satu di bawah ini. Pastikan anda untuk menghindarinya sementara waktu sekalipun anda benar-benar menyukainya.

Baca Juga : 9 Jenis Makanan yang Buruk Dikonsumsi Saat Anda Menderita Asma

10 Makanan Terburuk yang Harus Dihindari Ketika Menderita Penyakit Pilek

Minuman Berenergi/Olahraga

Kebanyakan sport drink ataupun minuman olahraga mengandung tambahan gula, yang mana berfungsi sebagai tambahan tenaga untuk para atlet. Tetapi sayangnya saat anda tengah terkena pilek, maka gula tersebut akan menciptakan peradangan tepat ketika sistem kekebalan tubuh anda tengah sibut dalam mengobati tubuh anda dari penyakit.

Alhasil, mengkonsumsi minuman jenis ini seperti halnya anda melemparkan minyak ke dalam api yang membara. Jadi, pastikan anda untuk lebih memilih air putih, buah-buahan, sayuran, atau sup ayam untuk menjaga anda tetap terhidrasi dengan baik sambil mendukung sistem kekebalan tubuh anda tersebut.

Daging Asap

Ada banyak sekali alasan kenapa anda harus menghindari daging asap dan daging olahan saat menderita penyakit pilek. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah mengklasifikasikan jenis makanan ini sebagai karsinogen. Ditambah lagi, daging jenis ini akan memberikan anda tambahan natrium ketika tengah menderita penyakit flu, yang mana bisa membuat anda terkena dehidrasi. Padahal, tetap terhidrasi merupakan salah satu kunci agar anda bisa cepat sembuh dari penyakit bandel yang satu ini.

Roti Putih

Roti putih telah menjadi salah satu teman sarapan yang umum dikonsumsi di Indonesia. Tetapi sayangnya, roti putih ternyata dapat melonjakkan gula darah anda secara drastis karena termasuk ke dalam jenis makanan berindeks glikemik tinggi. gula darah yang meningkat tersebut kemudian akan menciptakan peradangan dengan cara memproduksi sitokin. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa terkena peradangan saat anda tengah sakit pilek dapat membuat anda semakin lama menjalani proses penyembuhan.

Es Krim

Orang tua kita dulu pasti sering melarang kita untuk mengkonsumsi es krim saat tengah sakit, dan tentu saja terdapat alasan dibalik itu semua yang juga telah didukung oleh para ahli kesehatan dunia. Campuran lemak padat dan gula sederhana dari es krim favorit anda sebenarnya tidak akan mendinginkan badan, tetapi malah akan menyebabkan peradangan sehingga membuat sistem kekebalan tubuh anda kewalahan dalam melakukan pekerjaannya.

Daging Panggang dan Steak

Meskipun dikemas dengan protein dan zinc, tetapi daging steak yang berlemak bisa membuat nafsu makan anda semakin menurun saat menderita sakit pilek. Faktanya, otak anda secara tidak langsung memerintahkan tubuh agar kehilangan nafsu makan terhadap jenis-jenis kudapan berlemak, karena memang tidak baik untuk dikonsumsi di kala sakit.

Selain itu, telah terdapat berbagai macam bukti bahwa daging merah dapat meningkatkan peradangan sambil menekan sistem kekebalan tubuh anda. Sekali lagi, akan lebih baik jika anda memilih sup ayam yang dapat memberikan efek positif terhadap kesembuhan penyakit anda tersebut.

Minuman Soda

Bahkan minuman soda termasuk ke dalam jenis yang berbahaya untuk dikonsumsi ketika anda sehat – apalagi saat anda tengah menderita sakit pilek. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kelebihan gula dalam makanan dapat menciptakan peradangan di dalam tubuh anda, sehingga berdampak negatif secara langsung terhadap kesehatan.

Tetapi selain itu, minuman bersoda pun cenderung mengandung kadar kafein yang bisa mengganggu kualitas tidur anda di malam hari. Padahal di saat yang bersamaan, tubuh anda sangatlah membutuhkan istirahat yang cukup agar sistem kekebalan tubuh secara efektif mampu melawan infeksi penyebab kelelahan dan penyakit.

Menurut Division of Sleep Medicine dari Harvard Medical School sendiri menyebutkan bahwa mendapatkan tidur yang cukup dapat meningkatkan kemungkinan tubuh selamat dari infeksi mikroba penyebab penyakit – atau mencegah agar penyakit anda tidak berubah tambah parah. Daripada mengkonsumsi minuman yang jelas-jelas merusak kesehatan anda, lebih baik mencoba teh herbal yang dapat membantu mengobati anda dari dalam secara langsung.

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel, Madu, dan Bawang Putih

Keju

Mungkin anda pernah mendengar bahwa makanan produk susu seperti susu sapi dan keju dapat meningkatkan produksi lendir di tubuh. Tetapi sepertinya efek tersebut tidak terjadi pada semua orang, sehingga untuk alasan inilah keju pun hanya dilarang untuk sebagian orang saja. Cara mengetahuinya, jika anda mengalami hidung tersumbat – atau terlihat menjadi lebih parah – setelah mengkonsumsi keju dan produk susu lainnya, artinya anda termasuk ke dalam orang yang harus menghindari keju ketika tengah menderita sakit pilek.

French Fries atau Kentang Goreng

Kentang goreng atau French Fries termasuk ke dalam salah satu jenis makanan populer saat ini, bahkan anda bisa mendapatkannya dengan sangat mudah di mal-mal kota besar. Tetapi sayangnya, makanan ini cenderung kurang menyehatkan karena tubuh anda akan memproduksi Produk Akhir Glikasi Lanjut atau AGE (advanced glycation end products), yang mana dapat menghasilkan stres oksidatif dan peradangan.

Pada dasarnya, tubuh anda akan terus menciptakan AGE dan dihilangkan secara alami di saat yang bersamaan sebagai bagian dari proses penuaan yang normal. Tetapi ketika kadar AGE tersebut mengalami peningkatan yang didapatkan dari makanan tertentu, maka kandungan berbahaya tersebut akan terus berada di sirkulasi tubuh anda.

Tentu saja, kondisi ini sangatlah buruk baik anda yang tengah menderita penyakit pilek karena bisa menciptakan tekanan di tubuh dari waktu ke waktu.

Ayam Goreng

Seringkali kita selalu disuguhkan ayam goreng ketika tengah sakit pilek. Alasannya, agar nafsu makan kita kembali naik. Padahal ternyata, ayam goreng sangatlah tidak baik untuk dikonsumsi saat tengah sakit, karena di dalam kulitnya yang renyah terdapat banyak sekali kandugan lemak jenuh.

Menurut ulasan makalah dari National Institutes of Health di tahun 2014 juga menemukan bahwa kelebihan lemak jenuh dapat membingungkan garis pertahanan utama dari sistem kekebalan tubuh anda, yang disebut sebagai Toll-like Receptors (TLR). Kebingungan ini akan menciptakan peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh anda lebih jauh lagi, sehingga membuat tubuh anda semakin lama dalam memulihkan dirinya sendiri.

Bir dan Minuman Beralkohol Lainnya

Selain dapat membuat anda mabuk tak sadarkan diri, mengkonsumsi bir atau minuman beralkohol lainnya ketika tengah menderita sakit pilek bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini karena kandungan gluten dalam bir dapat menstimulasi peradangan melalui protein yang disebut dengan TLR4, yang mana juga dapat memicu respon sistem kekebalan tubuh anda sehingga ia harus bekerja lebih berat lagi.